10 Cara Mengajar Yang Baik Dan Benar Untuk Guru Di Sekolah

Oleh karena itu, perlu dicari cara agar kegiatan pembelajaran tetap bisa berjalan nyaman dan efektif walaupun dari rumah. Pada dasarnya kesehatan psychological anak tidak akan terganggu hanya karena bosan. Kebosanan pada umumnya akan mendorong anak untuk mencari kegiatan lain. Miliki sebanyak mungkin ruang di dalam rumah yang bersahabat dengan anak.

Cara mengajar anak untuk tidak bosan

Pasalnya selama masa pandemi covid-19, anak-anak diharuskan melakukan aktivitas dari rumah saja, termasuk belajar secara daring. Cara selanjutnya agar siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran adalah dengan mempaktikan pembelajaran Kontekstual studying. Mengajar TK dan SD membutuhkan daya kreativitas guru yang tinggi. Hal ini sangat penting agar anak bisa fokus selama proses pembelajaran dan tidak mengalihkan perhatian ke hal lain. Anda bisa mengadakan sesi diskusi antarmurid atau antara guru dengan murid. Jika sekolah menyediakan LCD atau TV, gunakan untuk memberikan pembelajaran audio visible.

Tidak perlu terlalu lama, cukup 15 sampai 20 menit sehari sudah cukup untuk menanamkan kebiasaan membaca. Selanjutnya Parent Pinters dapat menanyakan kembali tentang bacaan si Kecil, misalnya pesan ethical dari cerita yang dibacanya. Dengan begitu anak juga belajar berdiskusi dan mengekspresikan pendapatnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Dewa Ayu Puteri Handayani, S.Psi., M.Sc menurutnya motode pembelajaran daring adalah hal yang tidak biasa dilakukan oleh sebagian orang apalagi bagi anak usia dini. “kita saja sebagai dosen dan mahasiswa belum terbiasa dengan metode itu, kemudian terjadi pembiasaan diri dan tentunya ini tidak mudah bagi anak usia dini. Yang dimaksud anak usia dini oleh Puteri adalah anak berumur 1-8 tahun jadi bukan hanya anak TK tapi bisa anak SD juga. Pembelajaran daring menjadi hal yang menantang bagi anak-anak dan mengakibatkan tekanan psikologis. Tekanan psikologis yang dirasakan oleh anak-anak yaitu anak-anak tidak bisa belajar dan bermain dengan teman-teman sehingga ia meras kesepian, mudah bosan dan cepat marah-marah. Kedua anak dituntut untuk belajar mandiri padahal anak usia dini masih memerlukan pendamping atau pembimbing dalam belajar.

Kamu bisa mengajak mereka bermain aneka jenis video games yang edukatif. Sebagai guru, Kamu bisa membuat cerita yang menarik dengan nilai-nilai positif di dalamnya untuk disampaikan kepada anak-anak. Jika terlalu sulit untuk menciptakan sebuah karakter yang dimainkan oleh diri sendiri maka Kamu bisa memanfaatkan boneka tangan. Boneka tangan sangat sederhana untuk dimainkan namun bisa efektif menarik perhatian anak-anak. Saat semua tugas sudah selesai, ibu harus kreatif mengisi waktu luang anak dengan positif. Misalnya membuat ide kreatif bersama seperti memasak atau membuat kue yang seru.

Hal ini dapat membantu murid lebihrelaxdan menciptakan suasana bahwa mereka memang sedang belajar bersama guru, bukan sekadar diajari atau digurui. Mungkin sekian saja tips-tips agar para siswa tidak merasa jenuh dan bosa saat KBM berlangsung. Hal yang perlu diingat disini adalah semua guru harus memiliki banyak kreatifitas dalam menunjang proses belajar-mengajar di kelas. Pendekatan terhadap para siswa,guru sebagai seorang pendidik diharapkan mampu melakukan suatu bentuk pendekatan kepada para siswa agar mereka tidak merasa malu dan sungkan untuk bertanya kepada guru. Jadwal mengaji akan membantu si anak bisa konsisten dan istiqomah. Selain itu dengan jadwal kita bisa lebih mudah menerapkan target capaian anak.

Untuk mengisi kekosongan kegiatan tersebut, kita dapat membuat ekstrakulikuler yang bisa dilakukan di rumah. Sediakan kelas ekstrakurikuler sesuai dengan minatnya, berikan sesi menit untuk anak berfokus pada kegiatan tersebut. Siapkan barang-barang penunjang yang dibutuhkan dengan memanfaatkan peralatan rumah.

Dengan bernyanyi, suasana belajar jadi lebih menyenangkan dan anak pun lebih mudah dalam menyerap ilmu yang Ibu berikan. Gunakan lagu yang sudah dihapal oleh anak untuk mengajari ia berbagai hal, seperti nama hewan, nama hari, nama bulan, angka, abjad, dan lain sebagainya. Seorang anak tidak akan pernah belajar sesuatu jika orang tua tidak memberi contoh.

Pastikan orangtua dan anak bisa terus disiplin dan konsisten mematuhi agenda harian yang sudah disusun. Bila sudah terbiasa disiplin dan konsisten, maka anak tidak akan menganggap kegiatan belajar dan mengerjakan tugas sekolah di rumah selama pandemi ini sebagai beban. Cara Mengajar yang Menyenangkan dan Tidak Membosankan – Saat ini dunia pendidikan Indonesia sudah semakin terpuruk yang dikarenakan kegagalan para pendidik dalam mendidik para generasi muda. Hal terbesar yang menyebabkan kegagalan tersebut adalah kekurang tepatan model-model pembelajaran yang diaplikasikan oleh guru selama ini. Terlepas dari berbagai faktor penyebab kegagalan, seroang pendidik memiliki peranan yang sangat penting berkenaan dengan sukses atau tidaknya suatu proses pembelajaran.